a. Angket
Angket
(kuesioner) merupakan alat pengumpul data melalui komunikasi tidak langsung,
yaitu melalui tulisan. Angket ini berisi daftar pertanyaan yang bertujuan untuk
mrngumpulkan keterangan berbagai hal yang berkaitan dengan responden.
Petunjuk untuk
menyusun angket :
a) Gunakan
kata-kata yang tidak mempunyai arti lengkap
b) Susun
kalimat yang sederhana tetapi lengkap
c) Hindari
pemakain kata-kata yang sulit dipahami
d) Hindarkan
pertanyaan-pertanyaan yang tidak baku
e) Pertanyaan
jangan bersifat memaksa untuk dijawab
f) Hindarkan
kata-kata yang bersifat negatif dan menyinggung perasaan responden
b. Autobiografi
(Riwayat atau Karangan Pribadi)
Karangan pribadi
merupakan ungkapan pribadi murid tentang pengalaman hidupnya, cita-cita,
keadaan keluarga, dan sebagainya. Penggunaan autobiografi bagi guru bertujuan
untuk mengetahui keadaan murid yang berhubungan dengan minat, cita-cita, dan
sikapnya terhadap keluarga, guru, atau sekolah serta dalam pengalaman hidupnya.
Dalam
pembuatannya, karangan pribadi dibagi ke dalam dua jenis, yaitu :
1. Terstruktur : karangan pribadi yang disusun
berdasarkan tema yang telah ditentukan
2. Tidak
terstruktur : karangan pribadi secara
bebas
c. Sosiometri
Teknik
ini bertujuan untuk memperoleh informasi dengan interaksi sosial di antara
murid. Melalui teknik ini, guru dapat :
1. Murid
yang populer
2. Murid
yang terisolir
3. Klik
(kelompok kecil)
Bagi guru,
sosiometri digunakan sebagai alat untuk meneliti struktur sosial dari suatu
kelompok individu terhadap relasi sosial dan status sosial dari masing-masing anggota
kelompok yang bersangkutan. Selain itu sosiometri juga dapat digunakan untuk :
a) Memperbaiki
hubungan insani diantara anggota kelompok tertentu
b) Menentukan
kelompok kerja
c) Meneliti
kemampuan memimpin seorang individu dalam kelompok tertentu untuk suatu
kegiatan tertentu
d. Studi
Kasus
Studi kasus
merupakan teknik mempelajari perkembangan seorang murid secara nmenyeluruh dan
mendalam serta mengungkap seluruh aspek pribadi murid yang datanya diperoleh
dari berbagai pihak.
Penggunaan
teknik ini bertujuan untuk memahami pribadi murid yang lebih baik dan
membantunya agar murid dapat mengembangkan dirinya secara optimal.
Dalam
melaksanakan studi kasus ini, dapat ditempih langkah-langkah sebagai berikut:
1) Menemukan
Murid yang Bermasalah
2) Memperoleh
Data
3) Menganalisis
Data
4) Memberikan
Layanan Bantuan
0 komentar:
Posting Komentar