Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah mahasiswa yang masih kuliah di Perguruan tinggi di Pontianak, khususnya PGSD FKIP Untan.
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 01 Juli 2014

BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

A.    Hakikat, Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran
Menurut Heinich, dkk. (1993) media merupakan alat saluran komunikasi. Kata media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang berarti perantara atau pengantar, yaitu perantara atau pengatar sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Heinich mencontohkan media ini seperti film
, televisi, diagram, komputer, bahan tercetak, dan instruktur. Contoh media tersebut bisa dipertimbangkan sebagai media pembelajaran apabila membawa pesan-pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Schramm (1997) mengemukakan bahwa media merupakan teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sedangakan menurut Briggs. (1997) media merupakan sarana fisik untuk menyampaikan materi pembelajaran seperti buku, film, video, slide, dan sebagainya.
Dalam proses pembelajaran, media berfungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Tiga kelebihan kemampuan media (Gerlach & Ely dalam Ibrahim, et.al., 2001) adalah sebgai berikut.
1.    Kemampuan fiksatif, artinya dapat menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek atau kejadian.
2.    Kemampuan maniulatif, artinya media dapat menampilkan kembali objek atau kejadaian dengan berbagai manipulasi sesuai keperluan.
3.    Kemampuan distributif, artinya media mampu menjangkau audien yang besar jumlahnya dalam satu kali penyajian secara serempak, misalnya siaran TV atau radio.

Pada hakikatnya, kegiatan pembelajaran merupakan proses komunikasi, di mana guru berperan sebagai komunikator (communicator) yang menyampaikan pesan/bahan ajar kepada siswa yang berperan sebagai penerima pesan (communicant). Agar pesan/bahan ajar dapat yang disampaikan guru dapat diterima oleh siswa maka diperlukan wahana penyalur pesan, yaitu media pembelajaran. Dalam bentuk komunikasi pembelajaran manapun sangat dibutuhkan peran media untuk lebih meningkatkan tingkat keefektifan pencapaian tujuan/kompetensi.
Media pembelajaran terdiri atas dua unsur penting, yaitu unsur peralatan atau perangkat keras (hardware) dan unsur pesan yang dibawanya (software/message). Dengan demikian, media pembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan, namun yang terpenting bukanlah peralatan itu, tetapi pesan atau informasi belajar yang dibawakan oleh media tersebut.


B.     Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran
Penggunaan media yang berlebihan dalam suatu kegiatan pembelajaran akan mengaburkan tujuan dan isi pembelajaran. Oleh karena itu, sebelum menggunakan media, kita perlu memahamai terlebih dahulu mengenai berbagai jenis media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan karakteristiknya.
Media pembelajaran pada umumnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis, yaitu media visual, media audio, dan media audiovisual. Setiap jenis media pembelajaran tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya.
1.      MEDIA VISUAL
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indera penglihatan.
a.       Media Visual yang Diproyeksikan
Media visual yang dapat diproyeksikan adalah media yang menggunakan alat proyeksi sehingga gambar atau tulisan tampak pada layar. Media proyeksi ini bisa berbentuk gambar diam (still pictures) dan gambar bergerak (motion pictures).
b.      Media Visual yang Tidak Diproyeksikan
Media visual yang tidak diproyeksikan adalah gambar yang disajikan secara fotografik, grafis, dan media 3 dimensi.
1)      Gambar fotografik
Gambar fotografik termasuk ke dalam gambar diam (stiil pictures), misalnya gambar tentang manusisa, binatang, tempat objek lainnya yang ada kaitannya dengan isi/bahan pembelajaran yang akan disampaikan. Gambar fotografik ada yang tunggal dan adapula yang berseri, misalnya fotonovela, yaitu sekumpulan gambar fotografik yang saling berhhubungan satu dengan lainnya.
Keuntungan menggunakan media gambar fotografik dalam pembelajaran, yaitu
a)      Dapat menerjemahkan gagasan yang bersifat abstrak menjadi lebih realistik.
b)      Banyak tersedia dalam buku-buku.
c)      Mudah menggunakannya.
d)     Tidak mahal.
e)      Dapat digunakan pada setiap tahap pembelajaran dan semua mata pelajaran.

Keterbatasan dari media gambar fotografik, yaitu :
a)      Terkadang ukuran gambarnya terlalu kecil.
b)      Gambar fotografik merupakan gambar dua dimensi yang tidak bisa menimbulkan kesan gerak.
2)      Grafis
Media grafis merupakan media pandang  dua dimensi yang dirancang untuk mengungkapkan fakta atau gagasan melalui penggunaan kata-kata, angka dan bentuk simbol (lambang). Unsur-unsur yang terdapat pada media grafis ini adalah gambar dan tulisan. Karakteristik media ini yaitu sederhana,menarik perhatian, murah, mudah disimpan dan dibawa. Cukup banyak jenis media ini, namun yang sering dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah grafik, bagan, diagram, poster, kartun/karikatur dan komik.
a)         Grafik (graph)
Grafik merupakan gambar yang sederhana untuk menggambarkan data kuantitatif yang akurat dan mudah dimengerti. Pada umumnya grafik digunakan untuk menerangkan perkembangan dan perbandingan sesuatu secara singkat dan jelas dengan menggunakan data statistik. Grafik juga memberiak ilustrasi mengenai hubungan antara satu unit data dengan kecenderungan-kecenderungan dalam data tersebut. Data dapat diinterprestasikan secara cepat dan menarik. Beberapa jenis grafik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar diantaranya: grafik batang (bar graphs), grafik piktorial (pictorial graphs), grafik lingkaran (circle/pie graphs), dan grafik garis (line graphs).
b)      Bagan (chart)
Bagan biasanya dirancang untuk menggambarkan atau menunjukkan suatu ide atau gagasan melalui garis, simbol, gambar, dan kata-kata singkat. Fungsi utama dari bagan ini adalah untuk menunjukkan hubungan perbandingan, perkembangan, klasifikasi, dan organisasi. Jenis-jenis bagan ini diantaranya bagan pohon(tree charts), bagan arus (flow charts), bagan tabel (tabulator charts), dan bagan organisasi(organization).
c)      Diagram
Diagram merupakan suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tata kerja dari suatu benda, terutama dengan garis-garis. Sebuah diagram yang baik adalah diagram yang hanya menunjukkan bagian terpenting saja dari objek sebenarnya.
d)     Poster
Poster merupakan sebuah kombinasi visual yang terdiri atas gambar dan pesan/tulisan, biasanya dengan menggunaka warna. Poster dapat digunakan sebagai pemberitahuan, memotivasi, peringatan atau menangkap perhatian siswa yang walaupun dilihat sekilas namun mampu menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya.
e)      Kartun (cartoon)
Kartun merupakan penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan, atau situasi yang dirancang untuk membentuk opini siswa. Bentuknya bisa kartu tunggal dan berseri. Dalam kegiatan pembelajaran, kartun bermanfaat untuk menjelaskan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan yang logis dan mengandung makna secara mudah, menarik, dan cepat dibaca oleh siswa.
3)      Media 3 dimensi
Media 3 dimensi terdiri atas media realia dan model. Media realia merupakan alat bantu visual dalam pembelajaran yang berfungsi memberikan pengalaman secara langsung kepada para siswa (direct experiences). Realia merupakan model dan objek nyata dari suatu benda, seperti binatang, tumbuhan dan laian-lain. Model merupakan tiruan dari objek nyata, seperti objek yang terlalu jauh, terlalu besar, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu sulit untuk dibawa ke dalam kelas. Model terdiri dari beberapa jenis, yaitu model padat, model penampang, model susun, model kerja, mock-up dan diorama.

2.      MEDIA AUDIO
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan para siswa untuk mempelajari bahan ajar.
3.      MEDIA AUDIOVISUAL
C.     Pemilihan, Penggunaan, Media Pembelajaran Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll