Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah mahasiswa yang masih kuliah di Perguruan tinggi di Pontianak, khususnya PGSD FKIP Untan.
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 03 Juli 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013 Kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SDN 03 Pontianak
Kelas / Semester          : 4/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan (tema 1)
Sub Tema                    : Bersyukur atas keberagaman (sub-tema 3)
    Pembelajaran ke         : 2
Alokasi waktu             : 6x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1  Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Matematika
3.2  Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan.
4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atua tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
IPA
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.4    Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
SBdP
       3.3  Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
       4.5  Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi-rendah nada.


C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk lukisan.
Matematika
Melakukan penaksiran terhadap banyak benda yang disajikan dalam gambar dan menemukan hasilnya
IPA
Membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk percobaan membunyikan botol-botol kaca.
SBdP
Menyajikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan panjang-pendek dan tinggi-rendah nada/bunyi
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran :
1. Dengan menggunakan gerakan tangan, siswa mampu menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan panjang pendek dan tinggi rendah bunyi/ nada yang benar.
2. Dengan melakukan percobaan, siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah ketika membunyikan botol-botol kaca
3. Dengan menjawab pertanyaan, siswa mampu memceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kosakata baku.
4. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar.


E.     MATERI
1.      Bereksplorasi dengan bunyi
2.      Bereksplorasi dengan penaksiran
3.      Berekspresi dengan lagu
4.      Menulis laporan

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Heuristik
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.      Salam Pembuka
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi
4.      Guru menyampaikan kepada siswa akan mempelajari tema 1. Indahnya Kebersamaan, subtema 3. Bersyukur atas keberagaman, pembelajaran kedua.
10 menit
Kegiatan Inti I

1.      Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” yang berasal dari Papua yang dilengkapi dengan tangga nada yang terdapat pada buku siswa.
2.      Guru memberi contoh cara menyanyikannya. Kegiatan akan menjadi lebih menarik jika saat bernyanyi dapat diiringi gitar atau alat musik lainnya.
3.      Selesai bernyanyi bersama, guru meminta siswa kembali menyanyikan hanya baris ke-2 dan ke-3 agar siswa dapat membedakan antara nada rendah di baris ke-2 dan nada tinggi di baris ke-3.


Istirahat
15 menit
Kegiatan Inti II


1.      Siswa kembali menyanyikan nada tinggi dan rendah dengan gerakan tangan. Guru sesekali membimbing dengan gerakan tangan yang sebelumnya dicontohkan.
2.      Siswa melakukan percobaan membunyikan botol dengan irama “Yamko Rambe Yamko”.
3.      Siswa menceritakan pengalaman tersebut melalui tulisan dengan bantuan beberapa pertanyaan tertulis.


Istirahat
15 menit





Kegiatan Inti III
4.      Siswa bermain tebak jumlah biji dalam botol sesuai instruksi guru.
5.      Guru mengenalkan istilah menaksir/penaksiran.
6.      Guru dan siswa memeriksa kebenaran jumlah biji dalam kedua botol.
7.      Siswa mengerjakan soal-soal penaksiran.
8.      Siswa mengamati gambar dodol khas Indonesia dan menaksir banyaknya.
9.      Siswa mengomunikasikan hasil kepada teman di sebelahnya.
10.  Siswa menulis perenungan pada buku siswa.
11.  Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” yang berasal dari Papua yang dilengkapi dengan tangga nada yang terdapat pada buku siswa.

Kegiatan Penutup
1.      Siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan guru.
2.      Evaluasi
3.      Do’a dan salam penutup.
15 menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Afriki,dkk. 2013. Buku guru kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan, buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan. Halaman 106-110.
2.      Afriki,dkk. 2013. Buku siswa kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan, buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan. Halaman 79-83.
3.      Media
8 botol kaca dengan ukuran yang sama, 1 buah sendok, air, 2 botol untuk diisi biji-bijian, biji-bijian sebanyak 55 butir.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
Unjuk Kerja
a.       Daftar periksa kegiatan menyanyi (SBDP)
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan panjang pendek bunyi


Siswa mampu menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan tinggi rendah bunyi.



No
Nama Siswa
Kriteria
Siswa mampu menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan panjang pendek bunyi
Siswa mampu menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan gerakan tangan yang menunjukkan tinggi rendah bunyi.
Ya
Tidak
Ya
Tidak



















b.      Daftar periksa membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah (IPA)
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah ketika membunyikan botol-botol kaca.


Siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk tulisan.



Penilaian pada siswa
No
Nama Siswa
Kriteria
Siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah ketika membunyikan botol-botol kaca.
Siswa mampu membedakan bunyi tinggi dan bunyi rendah dalam bentuk tulisan.
Ya
Tidak
Ya
Tidak



















c.       Daftar periksa menceritakan pengamalam (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dengan mengguakan kosakata baku


Siswa mampu menceritakan pengalamannya tersebut berdasarkan pertanyaan- pertanyaan penuntun.



Penilaian pada siswa
No
Nama Siswa
Kriteria
Siswa mampu menceritakan pengalaman tentang percobaan tinggi rendahnya bunyi dengan mengguakan kosakata baku
Siswa mampu menceritakan pengalamannya tersebut berdasarkan pertanyaan- pertanyaan penuntun.
Ya
Tidak
Ya
Tidak




















d.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu, percaya diri dan cermat)
No
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Ket
1.
Rasa ingin tahu





2.
Percaya diri





3.
Cermat







Penilaian siswa           
No
Nama Siswa
Sikap
Rasa ingin tahu
Percaya diri
Cermat
BT
MT
MB
MBD
BT
MT
MB
MBD
BT
MT
MB
MBD










































·         Ket:
-          BT  :”Belum terlihat”
-          MT :”Mulai terlihat”
-          MB : “Mulai Berkembang”
-          MBD :”Mulai membudaya”                                                         


Pontianak,    24 Juni 2014 


Fahmi Fathoni
F37011044




2 komentar:

 

Blogger news

Blogroll