Pengembangan Pendidikan Sekolah Dasar secara Horizontal
Bentuk pengembangan pendidikan sekolah
dasar itu tercangkup dalam empat rumpun
pendidikan.
1. Rumpun
Sekolah Dasar ( SD ) Konvesional
a. Sekolah
dasar biasa
Sekolah
dasar biasa adalah sekolah yang diatur, yaitu (a) memiliki gedung atau tempat
belajar, (b) kurikulum, (c) proses belajar mengajar berlangsung setiap hari
kerja, pagi atau siang.
b. Sekolah
dasar kecil
Sekolah
dasar kecil merupakan sekolah dasar (SD) yang pada awalnya dikembangkan pada
daerah terpencil.
c. Sekolah
dasar pamong
Pamong
merupakan singkata dari pendidikan anak oleh masyarakat, orangtua dan guru.
Sistem SD pamong menggunakan 10 prinsip berikut.
1.
pendidikan itu pada dasarnya merupakan proses belajar dalam diri anak.
2.
belajar itu terjadi dan dapat berlangsung di sembarang tempat, tidak hanya
diruang kelas yang ada di sekolah.
3.
pendidikan merupakan proses sosialisasi, bukan proses mencerdaskan dan menerampilkan
siswa melainkan juga membentuk anak menjadi manusia yang memiliki tangung jawab
terhadap kesejahteraan bangsanya
4.
kegiatan tutor dimaksudkan untuk
mengembangkan jiwa kepemimpinan dikalangan siswa.
5.
materi pelajaran juga disesuikan dengan kurikulum SD yang berlaku.
6.
belajar menurut irama kegiatan masing-masing(self faced learning) dan belajar
tuntas(mastery learning).
7.
partisipasi masyarakat yang memiliki keterampilan untuk dapat ikut serta
mendidik siswa sangat diperlukan
8.
struktur personel, proses belajar mengajar dalam puset kelompok belajar, sistem
SD pamong di kelas 1 dan 2 dikelolah oleh seorang guru dengan dibantu oleh
tutor.
9.
pendidikan merupakan tanggungjawab orang tua, masyarakat dan pemerintah.
10.
guru sebagai Pembina pendidikan.
2. Rumpun
sekolah dasar luar biasa
Beragam anak dengan kondisi khusus
ini dapat di tamping dalam rumpun sekolah dasar luar biasa, meliputi sekolah
dasar luar biasa, sekolah luar biasa, dan sekolah dasar terpadu.
a. Sekolah
dasar luar biasa
Sekolah
dasar luar biasa adalah sekolah setingkat dengan sekolah dasar yang siswa nya
terdiri atas anak-anak penyandang cacat ( anak luar biasa) dengan berbagai macam
ketunaan, yaitu anak tunanetra,
tunarungu, tunagrahita, dan tunadaksa.
b. Sekolah
luar biasa( SLB)
Sekolah
luar biasa merupakan lembaga pendidikan yang dipersiapkan untuk menangani dan
memberikan pelayanan kepada anak-anak penyandang kelainan( anak luar biasa),
meliputi kelainan fisik, mental, dan emosi /sosial. Dalam pelaksanaan nya,
sekolah luar biasa dapat dibedakan 2 macam yaitu sekolah luar biasa Pembina dan
sekolah luar biasa konvensional.( biasa)
Sekolah
luar biasa Pembina terbagi 2 macam
1. Sekolah
Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional
Merupakan
sekolah luar biasa yang melaksanakan
latihan dan penyegaran bagi tenaga kependidkan sekolah luar biasa,
melaksanakan pengolahan dan pemecahan masalah dibidang pembinaannya,serta
melaksanakan pengembangan sekolah luar biasa, meliputi tingkat persiapan dasar,
menengah/lanjutan.
2. Sekolah
Luar Biasa Pembina Tingkat Provinsi
Merupakan
sekolah yang menyelenggarakan penyegaran bagi tenaga kependidikan serta menjadi
percontohan penyelenggaraan Sekolah luar Biasa.
c. Sekolah
Dasar Terpadu
Sekolah
Dasar Terpadu ialah sekolah yang diproyeksikan untuk dapat menampung semua anak
Sekolah Dasar (SD), termasuk di dalamnya anak berkelainan dan anak berbakat.
3. Rumpun
pendidikan luar sekolah
Pendidikan
luar sekolah ini, seperti kursus-kursus yang diselenggarakan Diklumas, kegiatan
magang, dan kerja usaha. Rumpun pendidikan luar sekolah, meliputi kelompok
belajar (kejar) paket A dan kursus persamaan Sekolah Dasar (SD).
4. Rumpun
sekolah keagamaan
Pendidikan di
lingkungan ini diharapkan mampu menciptakan kondisi religius dan sekaligus
konteksual sehingga pendidikan agama di sekolah keagamaan dapat
berkesinambungan dengan pendidikan umum dan lingkungan keluarga, serta
masyarakat global.
Rumpun
sekolah keagamaan meliputi Madrasah Ibtidayah dan Pondok Pesantren.
a. Madrasah
Ibtidayah
Madrasah
Ibtidayah ialah satuan pendidikan yang bersifat umum setingakat sekolah
dasar yang dikelola oleh Departemen
Agama.
b. Pondok
Pesantren
Pondok
pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sebenarnya termasuk jalur
pendidikan luar sekolah yang memiliki tingkat Sekolah Dasar. Lembaga ini sudah
cukup membudaya dan berperan penting dalam pembinaan manusia Indonesia.
Kelebihan pendidikan pondok pesantren ialah suasana kehidupan yang religious di
bandingkan dengan lembaga pendidikan persekolahan umum.
mantap artikelnya.
BalasHapussouvenir murah daerah kediri
terima kasih admin, disini ==> www.intanonline.com terdapat buku mengenai pendidikan sekolah dasar lho.. :) yuk kunjungi websitenya.
BalasHapusTerima kasih admin atas informasinya🙏
BalasHapusDIAMOND SLOT
BalasHapusSLOT ONLINE
TEMBAK IKAN
APLIKASI GAME ONLINE
APLIKASI SLOT ONLINE
APLIKASI TEMBAK IKAN
VIETNAM SLOT
ASIA SLOT